Update 09 April 2011: Terima kasih telah berkunjung ke blog saya,maaf untuk ketidak nyamanannya karena blog dalam masa pembangunan. mohon dukungan dan motivasinya ya.... ^_^, salam: aziz imammudin rhamadhan.
Adsense Indonesia ads Internet Marketing - Online ads ads
Bookmark and Share

Terdapat berbagai opini dan argumen mengenai berbagai dampak dalam pemanfaatan komputer diberbagai bidang dimasyarakat serta masalah masalah yang telah terjadi sejalan dengan pemanfaatan komputer diberbagai bidang, berkurangnnya tenaga kerja manusia yang digantikan oleh tenaga komputer dan semakin banyaknya pengangguran akibat dampat pemanfaatan komputer yang terjadi hampir disemua bidang,maka dari itu saya akan sedikit merangkum dan membahas masalah ini. walau pemanfaatan tersebut memberikan berbagai dampak positif tetapi tidak dipungkiri bahwa dampak negatif pun hadir dengan berjalannya pemanfaatan yang tidak diseimbangkan dengan efektifitas dan efisiensi penggunaanya. Dari berbagai pandangan tersebut maka akan dibuat kesimpulan oleh penulis untuk memberikan pendapat,usulan,opini yang mungkin bisa sedikit memberi pemahaman akan pentingnya dampak yang ditimbulkan oleh pemanfaatan komputer itu sendiri.




PEMBAHASAN

A. Beberapa Hal Penting
Komputer memang memberikan berbagai manfaat besar bagi penggunanya tetapi harus di ingat bahwa dengan pemakaian komputer ini bukan hanya menimbulkan dampak yang baik bagi penggunanya melaikan dapat mengubah cara kerja serta perubahan teknis yang semakin dikuasai dan hanya bisa dilakukan oleh komputer saja, maka dari itu haruslah menjadi orang yang bijak dalam memilih teknologi dalam usaha mencapai tujuan dengan bantual menggunakan alat bantu komputer.


B. Berbagai Pemanfaatan Komputer Secara Umum

Bidang Pendidikan
Paket aplikasi dalam dunia pendidikan yang digunakan untuk membantu memudahkan dalam mempelajari matematika, bhs inggris, dll. Dan dengan diadakannya internet memudahkan pembelajaran jarak jauh. Bahkan sekarang banyak sekolah-sekolah maju yang mulai menerapkan pembelajaran jarak jauh yaitu menggunakan media internet jadi sebagai contohnya siswa tidak perlu jauh-jauh pergi kesekolah tetapi hanya dengan fasilitas internet di rumah akan bias berhadapan langsung dengan gurunya. Internet sekarang juga sebagai kelas jarak jauh FKIP untuk penyetaraan guru-guru SD.

Bidang Industri
Kegunaan komputer di bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif dalam proses produksi komputer dapat digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control proces) jadi semua teknologi tersebut tidak menggunakan system manual atau dijalankan oleh manusia.
Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis terhadap posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan pengawasan proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi

Bidang Ilmu dan Teknologi
Pada bidang IPTEK contohnya yaitu pada bidang pengembangan teknologi nuklir. Para ahli nuklir dapat membuat model reaktor nuklir pada layar computer dan tidak lagi perlu membuat model sebenarnya hal ini juga untuk menghindari biaya dan resiko bahaya nuklir nuklir karena mengandung radiasi yang tinggi.
Para ahli kimia dapat menggunakan komputer untuk membuat model-model molekul dan melihat reaksi kimia melalui simulasi dalam pencampuran masing2 molekul. Ahli geologi menggunakan komputer untuk mempelarai keadaan tanah sertacountour dari suatu daerah. Perjalanan ke ruang angkasa yang memerlukan ribuan pekerjaan mendetail sangat dimudahkan dengan bantuan komputer dimana pengawasan dapat dilakukan melalui control di stasiun bumi maupun yang ada dalam pesawat.

Bidang Pemerintahan
Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (Information and Communication Technology/ICT) di dunia telah semakin luas Hal ini dapat dilihat dari penggunaan ICT yang tidak terbatas pada bidang perdagangan saja, melainkan juga dalam bidang-bidang lain, seperti bidang pendidikan, bidang pertahanan dan keamanan negara, sosial dan sebagainya.
Baru-baru ini pemerintah juga mulai menerapkan sistem ICT ini. Sistem informasi itu sendiri terdiri dari fungsi-fungsi input, proses, output, storage dan communication. Sistem informasi ini dipergunakan dalam praktek lembaga pemerintahan dalam semua bidang tugas dan fungsi Pemerintah yang didalamnya terdiri dari beberapa segi, antara lain pemerintahan, tata usaha negara, pengurusan rumah tangga negara dan pembangunan Sistem informasi dalam praktek pemerintahan merupakan sistem informasi manajemen dimana didalamnya terdapat proses pengolahan suatu informasi yang diperuntukkan untuk keperluan pengambilan keputusan dari suatu lembaga pemerintahan, dan karena peran pemerintah berkaitan dengan kepentingan publik maka segala sistem informasi yang dipergunakan harus memenuhi syarat efisien, efektif dan ekonomis. Dari konsep yang demikian maka mulai diterapkan penggunaan teknologi dalam sistem informasi pemerintahan.

Bidang Kedokteran
Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya adalah untuk mendiagnosa penyakit dan menemukan obat yang tepat yaitu komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa organ2 tubuh manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat tanpa melakukan operasi yang harus mengeluarkan biaya lebih banyak.
Penggunaan komputer dalam dunia kedokteran ditandai dengan penggunaan system CAT (Computerized Axial Tomography) pertama kali tahun 1973 untuk membuat gambar otak. Sekarang CAT digunakan untuk mengambil seluruh organ tubuh yang lainnya.

Bidang Perjalanan
Komputer sekarang kebanyakan digunakan dalam bidang perjalanan yang digunakan untuk pengaturan jadwal kedatangan maupun jadwal keberangkatan penerbangan. Dengan menggunakan computer jadwal penerbangan sekarang lebih teratur dan tidak ruwet seperti halnya dengan yang diatur oleh manusia.Selain itu komputer sekarang juga banyak digunakan sebagai system pemesanan tiket online jadi para konsumen tidak perlu repot-repot lagi dating ke agen tiket pesawat melainkan hanya melalui internet dan setelah itu hanya dengan menunjukkan bukti pemesanan saja.


C. Contoh Pemanfaatan Komputer

Mobil Pandai
Pengolah mikro telah dimanfaatkat untuk meningkatkan kenyamanan dan keselamatan mengemudikan mobil. Misalnya pada tahun 1985, oldsmobile dari US telah menerapkan sistem kendali berbasis pengolah mikro pada produknya. Pengolah mikro mendapatkan masukan data dari beberapa sumber, seperti :
- Meter pompa injeksi (beban mesin)
- Alternator (putaran mesin/menit)
- Sistem pendinginan mesin
- Sensor tekanan absolut untuk memantau sirkulasi dan pembuanagan gas
- Gigi transmisi
Data masukan tersebut diolah oleh pengolah mikro untuk mengadakan tindakan pencegahan agar mesin tidak terlalu panas, memantau putaran mesin, beban mesin dan penggunaan gigi transmisi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Perpustakaan Elektronik
Ruang dan waktu merupakan dua permasalahan utama yang dihadapi oleh Perpustakaan dewasa ini. Biaya yang diperlukan untuk menyimpan buku, majalah, jurnal, surat kabar dan makalah terus membengkak. Disamping hal itu, beban petugas perpustakaan untuk melayani pembaca untuk menemukan bahan bacaan yang diperlukan semakin hari semakin berat karena jumlah bacaan yang semakin meningkat. Hal ini mengakibatkan lambatnya pelayanan.
Permasalahan tersebut dicoba diatasi dengan bantuan komputer. Komputer pada sat ini sudah mampu menggantikan katalogdan berdaya tampung besar. Sistem basis data jugatelah berkembang sehingga mampu untuk mengelola data dalam jumlha yang amat besar. Kemajuan dalam tekhnik pencarian kembali informasi telah memungkinkan dilakukan pencarian kembali informasi dalam waktu yang singkat.
Perkembangan tekhnik pencetakan dengan bantuan komputer membuaka nuansa baru dalam penyimpanan informasi. Buku atau majalah yang dicetak selalu diolah dan diperiksa ulang dengan komputer, sehingga informasi elektronis dapat diperoleh secara langsung.

Pengendalian Lalu-lintas Udara
Lalu-lintas udara merupakan lalu-lintas yang paling rawan dalam kehidupan manusia, walaupun di indonesia jumlah penerbangannya masih relatif rendah dibandingkan dengan negara-negara maju. Walaupun demikian pengendalian lalu-lintas udara sudah dilaksanakan secara modern, dilakukan dengan peralatan canggih berbasiskan komputer. Hal ini dilakukan karena kelalaian dalam pengendalian lalu-lintas udara akan berakibat fatal.

Pengolahan Data Cuaca
Data cuaca dikumpulkan dari ratusan atau bahkan ribuan stasiun stasiun pemantau di bumidan diangkasa. Data ini disalurkan melalui saluran telekomunikasi internasional ke pusat pengolahan data cuaca. Untuk memembentuk model peraamalan cuaca lokal.

Video Game
Permainan ini cepat sekali mendapat pasaran dan terutama sekali di gemari oleh generasi muda. Berbagai jenis permainan yang belum pernah ada terwujud menjadi kenyataan. Tempat permainan tersebar dimana-mana di pusat-pusat perbelanjaan, rekreasi atau di dekat-dekat sekolah. Sehingga anak-anak muda mulai melupakan kewajibannya sebagai murid atau sebagai anggota masyarakat. Para pendukung permainan ini menyatakan bahwa sifat permainan adalah mendidik dan meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan. Ada sementara pendapat yang mengatakan bahwa anak muda yang menyukai permaianan video mereka akan tertarik dengan komputer dan pemrogramman akan tetapi kenyataannya komputer pribadi lebih banyak digunakan untuk permainan dari pada pemrogramman

sumber: scribd.com dan ilmukomputer.com



Silahkan klik tulisan "Poskan komentar" untuk berkomentar. saya menggunakan menu komentar dengan form pop-up agar tidak mengganggu aktifitas membaca kalian. terima kasih

0 comments:

Selamat Datang Disitus Aziz

Selamat datang di situs saya, semoga saja kalian bisa mendapatkan apa yang kalian butuhkan diblog saya yang sangat sederhana ini. mohon maaf jika informasi yang disediakan sangat minim, dikarenakan kemampuan saya yang masih kurang, mari saling berbagi. semoga blogger indonesia bisa bersaing dengan blogger internasional lainnya. sukses slalu untuk semua.

Sekilas tentang penulis

Nama saya Aziz Imammudin Rhamadhan, saya seorang mahasiswa yang masih menuntut ilmu di salah satu perguruan tinggi di Bandung, salam kenal.

Aziz